Kinds
of Text
Biasanya teks digolongkan jadi berbagai jenis alias tipe
(type) dan sering juga disebut genre layaknya lagu. Sebagai siswa SMA,
kita wajib mengenal teks narrative, recount, spoof, annecdote, descriptive,
report, review, explanation, discussion, exposition (terbagi jadi dua kelompok:
hortatory exposition dan analytical exposition), news item dan procedure.
Klasifikasi teks ini dibuat berdasarkan beberapa elemen
dari teks tersebut yang meliputi tujuan penulisan teks, sistematika penulisan
(biasa disebut generic structure) paragraf-paragrafnya dan aspek gramatikal
lainnya yang digunakan penulis untuk membangun tulisan/teksnya.
Silakan simak berbagai jenis teks dalam bahasa Inggris
yang dirangkum dalam tabel di bawah:
Genre
|
Purpose
(tujuan)
|
Generic
Structure (sistematika tulisan)
|
Penjelasan
|
Narrative
|
To entertain the readers, atau to amuse the
readers.
|
1.
Orientation
(a setting of characters, a plot)
2.
Complication
(problems are arising)
3.
Resolution
(solution of problems)
4.
Re-orientation
(a closing remark, optional)
|
1.
Cerita
atau dongeng dapat berbentuk fable atau folktale, biasanya fiksi
2.
Ada
konflik atau permasalahan yang dihadapi oleh tokoh cerita
3.
Menggunakan
past tense (dominannya)
4.
Sering
berisi kalimat langsung & tidak langsung
|
Recounts
|
To tell the readers what happened in the
past through a sequence of events.
|
1.
Orientation
(who, what, when, where, how, etc.)
2.
Events
(in a chronological order)
3.
Evaluation
(comments of writer in personal recounts)
4.
Reorientation
(conclusion, tentative in personal recount)
|
1.
Cerita
masa lampau, biasanya nyata, berupa pengalaman seseorang
2.
Menggunakan
past tense (dominannya)
3.
Tidak
ada masalah / konflik yang dihadapi tokoh
4.
Menceritakan
kejadian secara urut / kronologis
|
Description
|
To describe a particular person /place/thing.
|
1.
Identification
(special participant)
2.
Description
(parts, quality, characteristics)
|
1.
Mendeskripsikan
manusia, benda atau hewan seolah melihatnya
2.
Lebih
banyak membahas ciri-cirinya atau fiturnya
3.
Menggunakan
simple present tense
|
Reports
|
To describe the way things are such as a
man-made thing, animals, and plants.
|
1.
General
classification (topic such as class or sub-class)
2.
Identification
(shape/form, parts, behavior, habitat, way of survival)
|
1.
Melaporkan
sesuatu (makhluk hidup / benda mati / fenomena alam) secara lebih luas
2.
Menggunakan
present tense
3.
Membahas
beberapa aspek secara garis besar
|
Discussion
|
To discuss or compare issue elaborated in
two points of view before finally get to a conclusion / recommendation.
|
1.
Issue
2.
pro
arguments (ideas and elaborations)
3.
con
arguments
4.
Summary
|
1.
Membahas
suatu permasalahan dari dua sudut pandang
2.
Menggunakan
present tense
3.
Menyajikan
argumen-argumen dari dua sudut pandang
|
Analytical Exposition
|
To persuade by presenting arguments and to
analyze or explain ‘how’ and ‘why’
|
1.
A
thesis
2.
Arguments
3.
Reiteration
|
1.
Membujuk
pembaca agar setuju atau sependapat dengan penulis
2.
Membahas
suatu permasalahan dari satu sudut pandang saja
3.
Menggunakan
present tense
|
Hortatory Exposition
|
To persuade the reader that something
should or should not be the case
|
1.
A
thesis
2.
Arguments
3.
Recommendations
|
1.
Membujuk
pembaca agar setuju atau sependapat dengan penulis
2.
Membahas
suatu permasalahan dari satu sudut pandang saja
3.
Menggunakan
present tense
4.
Memberikan
saran atau rekomendasi
|
Procedure
|
To help readers do a task or make
something. They can be a set of instructions/ directions.
|
1.
Goal
(final purpose)
2.
Materials
(ingredients, utensils, equipment)
3.
Steps
(a set of instructions)
|
1.
Menjelaskan
langkah-langkah melakukan atau membuat sesuatu
2.
Sering
dijumpai di resep masakan atau buku petunjuk penggunaan alat
3.
Menggunakan
present tense
|
Explanation
|
To inform readers about an object, with its
functions, processes or how it work
|
1.
Introduction
2.
Sequence(s)
of explanation; how and why
|
1.
Menjelaskan
mengapa sesuatu terjadi
2.
Menjelaskan
bagaimana terjadinya sesuatu / proses tertentu
3.
Menjawab
pertanyaan “How?” dan/atau “Why?”
|
News item
|
To inform readers/ listeners/viewers about
events of the day which are newsworthy/ important.
|
1.
Newsworthy
events (summary)
2.
Background
events (cause & details)
3.
Sources
(comments of participants, witnesses, authorities & experts)
|
1.
Menyajikan
intisari berita di paragraf pertama
2.
Menyajikan
berita penting
3.
Menggunakan
past tense
4.
Menggunakan
kalimat langsung dan tidak langsung
|
Review
|
To criticize an event, art products, books,
for readers
|
1.
Orientation
2.
Evaluations
3.
Interpretative
recount
4.
summary
|
1.
Membahas
sebuah karya, produk atau acara (kelebihan dan kekurangannya)
2.
Menggunakan
present tense
|
Anecdote
|
To entertain readers with a story/events,
that is actual or imaginative.
|
1.
Introduction
/ orientation (to set the scene)
2.
Crisis
(to provide the details of the events, which lead to climax)
3.
Events
(reaction of the person)
4.
Coda
(to state the evaluation or reflection or concluding comment)
|
1.
Menceritakan
kembali kejadian atau insiden yang lucu atau ganjil
2.
Dapat
berupa kisah nyata atau fiktif
3.
Lebih
detail dari spoof, anecdote memiliki penutup (pelengkap cerita)
4.
Memiliki
permasalahan yang dihadapi si tokoh
|
Spoof
|
To tell an event with a humorous twist
|
1.
Orientation
(who involved in where, when, and how)
2.
Events
(in chronological order)
3.
Twist
(the funniest part of story)
|
1.
Menggunakan
past tense
2.
Cerita
lucu, biasanya berupa pengalaman
3.
Akhiran
yang lucu atau tidak disangka
|
0 komentar:
Posting Komentar